Pendidikan

√ 4 Teknologi yang terinspirasi dari alam …


Setelah 3,5 miliar tahun evolusi, alam sejauh ini merupakan inovator yang paling maju dan kuat.

Melalui seleksi alam, alam mampu menemukan solusi kreatif untuk mendukung kehidupan di Bumi. Dengan mengamati dan mempelajari bentuk, perilaku, gerakan, kemampuan beradaptasi dan sebagainya, manusia mulai mengembangkan teknologi baru dan mengoptimalkan teknologi yang sudah ada.

Sumber: www.gwentwildlife.org

Berikut adalah empat inovasi teknologi yang terinspirasi oleh alam yang dapat menjadi pengubah permainan di sejumlah bidang, termasuk robotika industri, manufaktur, pemeliharaan, pengiriman layanan kesehatan, energi bersih, bahan bangunan, bahkan lompatan manusia ke bintang.

Tanpa adanya gambaran tentang makhluk hidup yang bisa terbang, akan sulit bagi manusia untuk membayangkan sesuatu yang disebut terbang.

Manusia menirunya dengan membuat sayap seperti burung, namun belum mampu membuat manusia terbang.

Sumber: www.absolutemagazine.co.uk

Dengan teknologi yang terus maju, perkembangan teknologi pada pesawat terbang semakin canggih… namun harapan untuk bisa terbang mandiri seperti burung masih menjadi impian penting dalam diri kita.

Perbaikan berlanjut, dan bentuk burung yang tepat untuk manusia adalah pesawat terbang seperti yang kita kenal sekarang.

Lengan robot adalah salah satu terobosan terbesar abad ke-21.
Penemuan ini juga mendorong era otomatisasi dalam teknologi industri.

sumber: www.aranca.com

Sebenarnya awal pembuatan model tangan ini mengalami banyak tantangan diantaranya. Model ini terbuat dari bagian kaku yang membatasi pergerakan.

Ukuran lengan yang besar juga berarti pengguna harus dilindungi dengan hati-hati untuk mencegah benturan.

Kemudian itu muncul Asisten Penanganan Bionik yang meniru model belalai gajah tidak hanya menyelesaikan masalah ini tetapi juga membuka berbagai peluang pengembangan.

Dengan cakram yang terbuat dari plastik dan menggunakan udara terkompresi untuk menekuk dengan cara apa pun seperti belalai gajah dan teknologi FinGripper yang dapat digunakan untuk mengambil benda lunak atau berbentuk aneh dan mengurangi benturan pada manusia.

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan ke sistem yang dapat dikelola dalam konteks ilmiah

Kecerdasan buatan ini berawal dari keinginan untuk meniru kinerja saraf pada otak manusia dan hewan, yang kemudian diadaptasi menjadi program komputer.

Dalam perkembangannya, penggunaan kecerdasan buatan tidak hanya terbatas pada aplikasi di bidang komputer, tetapi juga digunakan di bidang ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan militer, seperti yang telah dibangun ke dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer dan video. permainan.

Pengolahan limbah, atau pengolahan air limbah domestik, adalah proses menghilangkan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga, baik limpasan maupun domestik.

Ini dapat mencakup proses fisik, kimia dan biologis untuk menghilangkan kontaminan fisik, kimia dan biologis.

Hasil gambar untuk sampah
sumber: www.spektro.com

Awalnya, teknologi pengelolaan sampah yang ada terinspirasi dari siklus ekosistem di alam yang mampu mengelola sampah dan mengembalikan kondisi alam seperti semula.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button