Pendidikan

√ Penjelasan Sistem Pencernaan Manusia (Fungsi dan Anatominya) …


Sistem pencernaan manusia adalah sistem yang membantu dalam mencerna makanan untuk menghasilkan energi bagi seluruh anggota tubuh.

Makanan yang masuk ke mulut akan melalui proses pencernaan yang digunakan untuk mengubah makanan menjadi energi dan akhirnya melewati proses pembuangan melalui anus untuk menghasilkan feses.

Nah, proses perjalanan makanan dari mulut ke proses pembuangan disebut sistem pencernaan.

Memahami Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan merupakan sistem yang membantu dalam mencerna makanan yang dikonsumsi agar mudah dicerna oleh tubuh yang berguna untuk menghasilkan energi bagi seluruh anggota tubuh.

Makanan yang diserap dalam bentuk nutrisi dibantu oleh enzim untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Bagaimana anatomi sistem pencernaan manusia?

Anatomi Sistem Pencernaan Manusia

Anatomi sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa organ penting yang bertugas menyalurkan dan mencerna makanan melalui saluran yang kita kenal sebagai saluran pencernaan.

Saluran Pencernaan (Gastrointestinal) merupakan saluran yang panjang mulai dari mulut sampai anus.

Kita mengenal organ-organ dalam saluran pencernaan, seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Mulut

Sumber: ruangbiologi

Bisa dikatakan mulut merupakan pintu gerbang sistem pencernaan makanan karena merupakan pintu utama saat makanan masuk. Mulut berfungsi untuk mengunyah makanan agar lebih halus agar lebih mudah ditelan.

Makanan melalui mulut akan mengalami proses pencernaan kimia dan mekanik. Organ yang membantu proses pencernaan di dalam mulut seperti lidah, gigi dan kelenjar ludah.

Secara mekanis, gigi akan memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, yang kemudian akan dibasahi oleh air liur, sehingga memudahkan lidah dan otot lainnya untuk mendorong makanan ke tenggorokan (faring) dan meneruskannya ke kerongkongan.

Kerongkongan

Setelah makanan dilewatkan melalui mulut dan ditelan, makanan akan melewati tenggorokan (faring) dan kerongkongan (esofagus).

Kerongkongan berperan dalam mengantarkan makanan yang telah ditelan untuk melalui proses selanjutnya di lambung. Gerakan kerongkongan yang berkontraksi untuk mendorong makanan ke dalam lambung disebut gerak peristaltik.

Terletak di ujung kerongkongan berupa cincin otot (sfingter) yang mengatur perjalanan makanan ke dalam lambung dan menutup secara teratur untuk mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

Perut

perut manusia
Sumber: webmd

Lambung atau bilik memiliki bentuk seperti kantong yang menggembung dan berada di sisi kiri lambung.

Perut memiliki tiga fungsi utama:

  1. Tempat menyimpan makanan sementara sebelum disalurkan ke organ selanjutnya.
  2. Memecah dan mengaduk makanan dengan mekanisme gerak peristaltik
  3. Mencerna dan memecah makanan dengan bantuan enzim di lambung

Hanya sedikit zat seperti air dan alkohol yang langsung diserap oleh lambung. Zat makanan lainnya harus melalui mekanisme pencernaan di dalam lambung.

Usus halus

Sistem pencernaan usus halus manusia
Sumber: Pendidikan Dosen

Usus halus adalah tabung tipis dengan panjang sekitar 10 meter, seperti tabung melingkar, di mana permukaan dalamnya penuh dengan tonjolan dan lipatan.

Produk makanan dari perut biasanya berbentuk setengah padat atau chyme. Kimus ini kemudian dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui otot sfingter pylori bagian pertama usus halus yang disebut duodenum (usus 12 jari).

Nah, usus halus ada tiga bagian utama, yaitu duodenum (usus 12 jari), jejunum (usus kosong) dan ileum (bagian akhir).

Duodenum (duodenum) berperan dalam pencernaan kimiawi makanan dengan bantuan empedu dan getah pankreas. Selanjutnya, makanan akan melewati jejunum usus untuk membantu proses pencernaan makanan secara kimiawi melalui enzim yang dihasilkan oleh dinding usus seperti disakarida (seperti maltase, laktase, dan sukrase), aminopeptidase, dipeptidase, dan enterokinase. Bagian akhir dari usus halus adalah ileum yang bertugas menyelesaikan proses penyerapan nutrisi dan penyerapan asam empedu untuk didaur ulang kembali.

Usus besar

Perut sistem pencernaan manusia

Proses penyerapan dari usus halus yang masih belum optimal kemudian dilanjutkan oleh usus besar.

Usus besar berbentuk U terbalik dan panjangnya sekitar 5-6 meter. Ada tiga bagian utama usus besar yaitu sekum, usus besar dan rektum.

Sekum berbentuk seperti kantong yang berfungsi untuk menyerap nutrisi yang tidak dapat diserap oleh usus halus. Usus besar adalah bagian terpanjang dari usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyerapan cairan dan garam.

Rektum adalah bagian terakhir dari usus besar. Rektum terhubung langsung dengan anus sehingga bagian ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

Fungsi utama usus besar adalah membuang air dan garam yang tidak dapat dicerna dan membentuk limbah padat yang dapat dikeluarkan.

dubur

Anus berfungsi untuk memproses feses buang air besar dan mengatur keluarnya feses. Buang air besar adalah proses pengeluaran sisa pencernaan berupa feses. Hasil akhir dari sistem pencernaan berupa feses atau feses.


Referensi: Sistem Pencernaan Anda dan Cara Kerjanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button