Pendidikan

Arti Lambang Asean, Makna, Anggota, Sejarah, Semboyan

Untuk pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang ASEAN yang dalam hal ini meliputi sejarah, prinsip, makna, anggota, makna dan semboyan, agar anda lebih paham dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

simbol-asean-dan-means

sejarah ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of South East Asian Nations. ASEAN juga dikenal sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Gedung sekretariat ASEAN terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura:

  1. Perwakilan Indonesia : Adam Malik
  2. Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak
  3. Perwakilan Thailand : ThanatKoman
  4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
  5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam.

Sementara itu, ada negara lain yang kemudian bergabung dengan ASEAN sehingga total menjadi 11 negara, yaitu:

  • Brunei Darussalam pada 7 Januari 1984
  • Vietnam pada 28 Juli 1995
  • Myanmar pada 23 Juli 1997
  • Laos pada 23 Juli 1997
  • Kamboja pada 16 Desember 1998

Baca Juga Artikel Terkait : 5 Jenis Bisnis Produksi Dasar Kerjasama ASEAN (MEA).


Prinsip Inti ASEAN

Prinsip-prinsip utama ASEAN diuraikan sebagai berikut: Menghormati kemerdekaan, kesetaraan, integritas dan identitas nasional semua negara Setiap negara memiliki hak untuk menyelesaikan masalah nasionalnya tanpa campur tangan pihak luar Penyelesaian perbedaan atau perdebatan yang aman antar negara Menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan Mempromosikan efektivitas kerjasama yang baik antar anggota ASEAN yang dikukuhkan oleh lima negara pendiri; Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dilakukan dengan penandatanganan kesepakatan yang dikenal dengan “Deklarasi Bangkok”.


Yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah para menteri luar negeri saat itu, yaitu Mr. Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). ). ). Pada tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah mencapai kemerdekaannya, negara Brunei menjadi anggota ASEAN.


11 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudian, yakni pada tanggal 23 Juli 1997. Padahal Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama Myanmar dan Laos, namun Kamboja terpaksa mundur karena masalah politik di negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk sebagai anggota ASEAN pada 30 April 1999. LOGO ASEAN Logo ASEAN membawa makna ASEAN yang stabil, aman, bersatu dan dinamis. Ada 4 warna logo yaitu biru, merah, putih dan kuning. Warna ini merupakan warna utama dari simbol negara-negara ASEAN.


Warna biru melambangkan keamanan dan stabilitas. Warna merah melambangkan semangat dan dinamisme, warna putih melambangkan ketulusan dan warna kuning melambangkan kemakmuran. Sepuluh batang padi melambangkan cita-cita perintisan pembentukan ASEAN di Asia Tenggara, yaitu persatuan dan persahabatan. Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.

Baca Juga Artikel Terkait : Peran Negara Indonesia dalam Kerjasama Antar Negara Asean


Arti Lambang ASEAN

Lambang-ASEAN

Pada gambar di atas adalah logo atau simbol ASEAN yang biasa kita jumpai atau lihat di buku-buku dan media lainnya seperti di internet, surat kabar, dan poster. Dari gambar tersebut terlihat 10 sawah ikat yang menggambarkan persatuan, kesatuan dan persahabatan 10 negara yang tergabung dalam ASEAN (Organization of Countries in Southeast Asia).


Adapun warna-warna yang ada pada lambang tersebut memiliki arti dan makna tersendiri yaitu :

  • Warna biru berarti kedamaian dan keamanan.
  • Warna merah memiliki makna keberanian dan kedinamisan.
  • Warna putih berarti kesucian.
  • Warna kuning berarti kemakmuran dan kesejahteraan.
  • Dan lingkaran yang ada disana melambangkan persatuan antar negara anggota ASEAN.

anggota ASEAN

Perlu diketahui bahwa pada awalnya ASEAN hanya terdiri dari 5 negara, mereka adalah negara-negara pemrakarsa ASEAN yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut antara lain:

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Thailand
  • Singapura
  • Dan Filipina

Namun saat ini jumlah anggota ASEAN telah bertambah menjadi 10 negara dalam luas 6 juta kilometer persegi dan inilah 10 negara ASEAN dengan nama ibukotanya sebagai berikut:

  1. Ibu kota Indonesia adalah Jakarta
  2. Ibu kota Malaysia adalah Kota Kuala Lumpur
  3. Ibu kota Thailand adalah Bangkok
  4. Ibu kota Singapura adalah Kota Singapura
  5. Ibukota Filipina adalah Kota Manila
  6. Ibu kota Brunei Darussalam adalah Kota Bandar Seri Begawan
  7. Ibu kota Vietnam adalah Kota Hanoi
  8. Ibu kota Kamboja adalah Kota Phnom Phen
  9. Ibu kota Laos adalah Kota Vientiane
  10. Ibukota Myanmar adalah Kota Naypyidaw

Baca Juga Artikel Terkait : Bentuk Kerjasama Asean Bidang Ekonomi dan Bidang Kerjasama yang Sudah Berjalan


Arti dari lambang ASEAN

Berikut ini adalah beberapa arti dari lambang Asean, yang terdiri dari:


  1. Lambang ASEAN digunakan sebagai lambang resmi ASEAN.
  2. Lambang ASEAN melambangkan stabilitas, perdamaian, kesatuan dan dinamika ASEAN. Warna lambang – biru, merah, putih dan kuning – adalah warna yang digunakan pada bendera berbagai negara anggota ASEAN.
  3. Warna biru melambangkan kedamaian dan stabilitas, merah melambangkan keberanian dan dinamisme, putih melambangkan kemurnian, dan kuning melambangkan kemakmuran.
  4. Sepuluh batang padi yang diikat tersebut mewakili sepuluh negara anggota ASEAN. Hal ini melambangkan harapan para founding fathers ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri dari kesepuluh negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
  5. Lingkaran melambangkan persatuan ASEAN.
  6. Lambang ASEAN dilindungi hak cipta oleh ASEAN.

semboyan ASEAN

“Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas” (One Vision, One Identity, One Community).

Baca Juga Artikel Terkait : Jumlah penduduk !! Dari Setiap Negara Asean


Demikianlah Pembahasan Tentang Lambang ASEAN – Sejarah, Prinsip, Makna, Anggota, Makna dan Motto Semoga bermanfaat untuk sobat setia Lecturerdikducation.com… 😀

Pengiklan >>> https://merekbagus.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button