Pendidikan

Close Source – Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Sistem operasi

Close Source – Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kelemahan, Contoh – Perkembangan sistem operasi dari tahun ke tahun sangat pesat, dari awal terciptanya komputer hingga sekarang sudah banyak generasi sistem operasi yang bermunculan.

Namun masih banyak dari kita yang mungkin belum terlalu mengetahui tentang jenis dan ragam sistem operasi. Oleh karena itu, perlu untuk membahas berbagai sistem operasi dan ragamnya.

sumber dekat


Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system; OS) adalah komponen pemrosesan perangkat lunak dasar (essential component) yang tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis perangkat lunak sistem yang paling penting dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi di komputernya, kecuali program booting.


Sistem operasi memiliki jadwal yang sistematis yang mencakup penghitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi perangkat keras seperti input dan output dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, walaupun kode aplikasi biasanya dijalankan langsung oleh perangkat keras dan akan sering menghubungi OS atau terganggu olehnya. Sistem operasi ditemukan di hampir setiap perangkat yang berisi komputer—mulai dari ponsel dan konsol video game hingga superkomputer dan server web.

Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.


Jenis Sistem Operasi

  • Jenis-jenis sistem operasi berdasarkan antarmuka

  • GUI (Antarmuka Pengguna Grafis)

GUI adalah Sistem Operasi yang menggunakan tampilan grafis, dapat dikontrol menggunakan beberapa macam input device, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll. Pada umumnya sistem operasi GUI memiliki jendela, menu, tombol, icon, dll yang bersifat dirancang agar lebih mudah, nyaman, dll (User Friendly) bagi pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.


Baca juga: mikrotik adalah


Dalam penerapannya, GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan user secara umum, karena tujuannya lebih User Friendly.

Contoh Sistem Operasi berbasis GUI adalah Windows 7, Mac OS, Ubuntu, RedHat, dll.


  • CLI (Antarmuka Baris Perintah)

CLI adalah Sistem Operasi yang menggunakan baris perintah atau teks. Dalam berinteraksi dengan Sistem Operasi, pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan mengetikkan perintah-perintah tertentu.


Dalam mengimplementasikan CLI lebih diarahkan pada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server yang dioperasikan oleh IT administrator. karena menggunakan CLI terasa lebih efisien dan cepat dibandingkan menggunakan GUI.

Contoh sistem operasi berbasis CLI adalah DOS, Linux berbasis teks, Server Ubuntu, dll


  • Jenis-jenis sistem operasi berdasarkan sifatnya

Sistem operasi (Operating System) adalah perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya yang ada di dalam komputer. Sumber daya tersebut dapat berupa perangkat keras (hardware) atau program aplikasi.

Ada 2 macam sistem operasi :


Open source adalah perangkat lunak yang kode programnya terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum sehingga dapat dipelajari, dimodifikasi atau dikembangkan lebih lanjut dan disebarluaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode program diubah atau dimodifikasi, maka tidak disebut open source walaupun kode program perangkat lunak tersebut tersedia.


Open source (kode program terbuka) dipopulerkan pada tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak budaya hacker berkembang di laboratorium komputer universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon, dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an. Open source sistem operasi dianggap menguntungkan, terutama oleh pengguna open source. Beberapa kelebihan dan kekurangan open source:


Baca juga: Microsoft Corporation adalah


Laba

  1. Banyak pekerja (SDM) yang berperan dalam pengerjaan proyek tersebut
  2. Kesalahan (bug, kesalahan) ditemukan dan diperbaiki lebih cepat
  3. Kualitas hasil lebih terjamin karena dinilai oleh masyarakat
  4. Lebih aman
  5. Hemat biaya
  6. Tidak ada pengembangan berulang

Kekurangan

  1. Kurangnya sumber daya manusia yang dapat memanfaatkan open source
  2. Tidak ada perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual

Contoh sistem operasi yang termasuk Open Source adalah

  • Linux: Ubuntu, Red Hat, Mandriva, CentOS, Fedora, Blankon, OpenSUSE, Clear OS

OpenBSD dan FreeBSD

  • OpenSolaris dan Solaris
  • Android

Definisi Sumber Dekat

Close source adalah perangkat lunak yang kode sumbernya tidak dibuka untuk umum. Pemilik kode sumber tertutup dapat membagikan kode sumber melalui lisensi, baik secara gratis maupun berbayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu dapat membuat software tersebut tidak sepenuhnya open source. Misalnya, jika lisensi melarang pengubahan kode, maka software ini bukan open source.


Close Source adalah sistem operasi yang kodenya tidak dibuka untuk umum, pemilik kode sumber tertutup dapat membagikan kode sumbernya melalui lisensi secara gratis atau berbayar. meskipun gratis, lisensi tertentu dapat membuat sistem operasi tidak sepenuhnya open source. Misalnya, jika lisensi memiliki batasan untuk memodifikasi kode, maka sistem operasi ini bukan open source.


Baca juga: 10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux


  1. Kestabilan sistem terjamin karena ada penanggung jawab resmi.
  2. Dukungan langsung dari pemilik aplikasi/program.
  3. Mudah untuk mendapatkan sertifikasi.
  4. Lebih mudah digunakan/dipelajari/dipahami karena mayoritas pengguna menggunakannya (di area tertentu).

  1. Tidak ada support khusus/langsung dari developer.
  2. Kesenjangan terbuka, dapat digunakan untuk pencarian informasi.
  3. Sosialisasi penggunaan agak sulit, karena umumnya pengguna menggunakan closed source (misalnya Windows), hanya di area tertentu).
  4. Sulit untuk mendapatkan sertifikasi.
  5. Ada lisensi yang mengharuskan pengguna menyediakan dana/keuangan.
  6. Pengembangan terbatas.
  7. Antivirus diperlukan.
  8. Aplikasi umumnya tersedia berbayar.
  9. Deteksi kelemahan aplikasi menunggu umpan balik dari pengguna.

Microsoft-Windows

Contoh sistem operasi yang menyertakan Close Source adalah Microsoft Windows


Baca juga: Memahami Konsep Dasar Sistem Informasi Lengkap


Pengelompokan & Contoh Software Close Source

Pengelompokan & contoh perangkat lunak sumber tertutup meliputi:

Contoh grup perangkat lunak dan sistem operasi yang menggunakan lisensi Close Source adalah Microsoft Windows.


Ada banyak jenis bahasa pemrograman, diantaranya banyak software pemrograman tersebut yang memiliki lisensi close source, misalnya ASP.Net, Pascal, Visual Basic.


Contoh Browser Web dengan kode sumber tertutup adalah Internet Explorer, yang telah lama digunakan oleh Microsoft di Sistem Operasi Windows-nya.


Banyak sekali aplikasi yang menggunakan lisensi closed code atau closed source, contoh aplikasi yang terkenal adalah CorelDraw, Adobe Photoshop.


Microsoft Office merupakan aplikasi terpopuler berbasis close source untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor dan lainnya.

Untuk melindungi komputer dari serangan program jahat, diperlukan penangkal, banyak sekali software anti virus, dan berikut adalah contoh anti virus close source yaitu Norton dan McAfee.


Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Linux Menurut Para Ahli Lengkap


Tutup Sumber Sistem Operasi

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan Windows adalah keluarga sistem operasi. dikembangkan oleh Microsoft, menggunakan antarmuka pengguna grafis.


Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis mode teks dan baris perintah. Versi pertama Windows, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 November 1983, namun baru keluar dari pasaran pada bulan November 1985 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan grafis.


Windows 1.0 adalah perangkat lunak tambahan 16-bit (bukan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian MS-DOS), sehingga tidak dapat berjalan tanpa sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi Windows terakhir (mulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) adalah sistem operasi independen yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows selanjutnya dapat berkembang dan mampu mengontrol penggunaan sistem operasi hingga 90%.


  • Keuntungan dari sistem operasi Windows:
  1. GUI yang familier sehingga pengguna lebih nyaman di depan layar monitor
  2. dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
  3. Banyak aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan windows
  4. Mudah digunakan, karena pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows
  1. Sistem operasi ini berbayar
  2. Instalasi lebih sulit daripada sistem operasi Linux
  3. Rentan terhadap serangan virus.

Baca juga: Definisi & Contoh “Sumber Terbuka” (Keuntungan – Kerugian)


Demikianlah pembahasan mengenai Close Source – Definisi, Jenis, Kekuatan, Kelemahan, Contoh Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| |
Back to top button