Pendidikan

Psikologi Klinis – Pengertian, Macam, Ruang Lingkup, Sejarah

Dalam hal ini psikologi klinis adalah bidang yang mengkaji, mendiagnosa dan menangani masalah psikologis, gangguan atau perilaku abnormal. Semua definisi memiliki keterbatasan, apalagi hampir setiap hari perkembangan ilmu pengetahuan mengubah pandangan kita terhadap berbagai aspek kehidupan kita.


Secara umum, psikologi adalah ilmu tentang pengalaman dan tindakan dan psikologi klinis adalah penerapan psikologi pada berbagai masalah dan kemungkinan kehidupan manusia. Psikolog klinis adalah psikolog terapan, psikolog terapan, sama seperti psikolog sekolah, psikolog industri dan organisasi dan lain-lain.


Pengertian psikologi klinis menurut para ahli, yang meliputi:

Psikologi klinis adalah bidang dalam psikologi yang mencakup penelitian, layanan dan pengajaran yang relevan dengan prinsip, metode, dan prosedur aplikasi untuk memahami, mencurigai, dan mengurangi ketidaksesuaian, ketidaknyamanan, dan kecacatan, yang diterapkan pada berbagai populasi klien.

Psikologi klinis adalah suatu metode yang digunakan untuk mengubah atau mengembangkan jiwa seseorang berdasarkan hasil observasi dan eksperimen dengan menggunakan teknik penanganan pedagogik.

Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berspesialisasi dalam studi, pencegahan, diagnosis, dan pengobatan gangguan perilaku dan mental serta kondisi mental negatif.

Psikologi klinis adalah salah satu bentuk psikologi terapan yang bermaksud untuk memahami kapasitas perilaku dan karakteristik individu melalui metode pengukuran, analisis dan pemberian saran dan rekomendasi agar individu mampu melakukan penyesuaian yang tepat.

Bidang psikologi klinis mengintegrasikan sains, teori, dan praktik untuk memahami, memprediksi, dan mengurangi ketidakmampuan menyesuaikan diri, kecacatan, dan ketidaknyamanan serta meningkatkan adaptasi, penyesuaian, dan pengembangan pribadi manusia.

Psikologi klinis berfokus pada aspek intelektual, emosional, biologis, psikologis, sosial dan perilaku dari fungsi manusia sepanjang hidup, dalam berbagai budaya dan di semua tingkat sosial ekonomi.

Psikologi klinis adalah bidang psikologi yang berhubungan dengan perilaku menyimpang, maladaptif atau abnormal.

Dari pengertian psikologi klinis yang diungkapkan oleh para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi klinis adalah cabang ilmu psikologi yang bersifat spesifik, yang bertujuan untuk memahami perilaku individu melalui metode pengukuran, analisis serta pemberian saran dan rekomendasi sehingga bahwa individu mampu melakukan penyesuaian.

Ciri dan Karakteristik Psikologi Klinis

Ada beberapa ciri atau ciri yang terdapat dalam psikologi klinis, yaitu:

  • Berorientasi ilmiah-profesional, yang dimaksud dalam hal ini adalah adanya ciri-ciri berupa penggunaan prinsip-prinsip psikologi dan metode ilmiah, dalam memberikan bantuan kepada individu yang menderita masalah psikologis melalui intervensi dan evaluasi psikologis.
  • Menunjukkan kompetensi psikolog, karena psikolog klinis dilatih dalam menggunakan bimbingan dan pengetahuan psikologis dalam pekerjaan profesionalnya.
  • Mendemonstrasikan kompetensi dokter, karena berupaya memahami orang lain dalam hal kompleksitas alami dan transformasi adaptif secara berkelanjutan.
  • Ilmiah karena penggunaan metode ilmiah untuk mencapai ketelitian dan objektivitas bagi setiap individu yang ditanganinya.
  • Profesional, karena dalam hal ini memberikan kontribusi pelayanan kemanusiaan yang lebih penting kepada individu, komunitas dan kelompok sosial untuk memecahkan masalah psikososial dan meningkatkan kualitas hidup.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli Beserta Ciri dan Sifatnya Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button