Pendidikan

WHO adalah – Pengertian, Anggota, Sejarah, Tugas dan Prinsip

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertindak sebagai koordinator kesehatan masyarakat internasional dan berkantor pusat di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jenderal saat ini adalah Margaret Chan (menjabat sejak 8 November 2006).

siapa yang

Keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia di hampir dua ratus negara. Organisasi ini mempromosikan langkah-langkah kesehatan masyarakat seperti air minum yang aman, sanitasi yang baik, imunisasi terhadap penyakit, pengurangan kelaparan dan pengendalian kelahiran. Ini adalah sesuatu yang diwarisi Organisasi Kesehatan Dunia dari pendahulunya, Organisasi Kesehatan Liga Bangsa-Bangsa. Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan pertama Perserikatan Bangsa-Bangsa dan inisiatif utama.


Definisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertindak sebagai koordinator kesehatan masyarakat internasional dan berkantor pusat di Jenewa, Swiss, yang didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 7 April 1948. Dengan status saat ini atau permanen Dirjen 1 Juli 2017 adalah Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia (Afrika).

WHO menurut komisi khusus yang merupakan bagian dari Economic and Social Committee (ECOSOC) yang bertugas memberikan informasi dan nasehat kepada Economic and Social Swean mengenai isu-isu khusus, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah kesehatan.

Dalam melaksanakan tugasnya, badan-badan khusus Dewan Ekonomi dan Sosial membentuk suatu jaringan kerja sama yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.


Majelis WHO umumnya bertemu pada bulan Mei setiap tahun. Selain menunjuk seorang Direktur Jenderal setiap lima tahun, Majelis mempertimbangkan kebijakan dan tinjauan keuangan Organisasi serta menyetujui anggaran program yang diusulkan. Majelis memilih 34 anggota, yang secara teknis memenuhi syarat di bidang kesehatan, untuk Dewan Eksekutif untuk masa jabatan tiga tahun. Fungsi utama Dewan Komisaris adalah melaksanakan keputusan dan kebijakan Majelis, memberi nasehat dan memperlancar pekerjaan pada umumnya.


WHO dibiayai oleh kontribusi dari negara-negara anggota dan dari donor. Dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan WHO melibatkan peningkatan kerja sama dengan lembaga eksternal; saat ini terdapat sekitar 80 kemitraan dengan LSM dan industri farmasi, serta dengan yayasan seperti Bill and Melinda Gates Foundation dan Rockefeller Foundation. Kontribusi sukarela untuk WHO dari pemerintah pusat dan daerah, yayasan pemerintah dan LSM, organisasi PBB lainnya, dan sektor swasta, kini melebihi perkiraan kontribusi (iuran) dari 193 negara anggota.


Organisasi Kesehatan atau WHO memiliki program dan proyek yang bertujuan untuk mempelajari, mengobati, dan memberantas penyakit. Program dan proyek tersebut adalah sebagai berikut.

  • Program Pengendalian Onchocerciasis Afrika (APOC)
  • Kartu Kuning atau Carte Jaune, adalah sertifikat vaksinasi internasional (ICV) yang dikeluarkan oleh WHO. Ini diakui secara internasional dan mungkin diperlukan untuk masuk ke negara-negara tertentu di mana terdapat lebih banyak risiko kesehatan bagi para pelancong. Kartu Kuning harus disimpan di pemegang paspor karena paspor medis
  • Pusat Kerjasama adalah lembaga yang ditunjuk oleh direktur jenderal yang bekerja untuk mendukung program tersebut
  • Proyek Beban Penyakit Global (GBD)
  • Inisiatif Global untuk Perawatan Darurat dan Bedah Esensial
  • Program Malaria Global (GMP)
  • Pengolahan Air Rumah Tangga dan Penyimpanan Aman (HWTS)
  • Prakualifikasi Obat Program (halaman PMP)
  • Program Internasional tentang Keamanan Bahan Kimia (IPCS), dengan ILO dan UNEP
  • Proyek Internasional Radon
  • Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap tahun pada tanggal 7

Serta mengoordinasikan upaya internasional untuk mengendalikan wabah penyakit menular, seperti SARS, malaria, tuberkulosis, flu babi, dan AIDS. WHO juga mensponsori program untuk mencegah dan mengobati penyakit ini. WHO mendukung pengembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif, diagnosa farmasi dan obat-obatan.


Selain pekerjaannya memberantas penyakit, WHO juga melakukan berbagai kampanye terkait kesehatan – misalnya, untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayuran di seluruh dunia dan untuk mencegah penggunaan tembakau.


WHO juga mempromosikan peningkatan kapasitas di negara-negara anggota untuk menggunakan dan menghasilkan penelitian yang memenuhi kebutuhan nasional, dengan membangun sistem kesehatan penelitian nasional dan mempromosikan platform pengetahuan yang diterjemahkan seperti Jaringan Informasi Kebijakan Bukti-EVIPNet.


WHO juga melakukan penelitian kesehatan tentang penyakit menular, kondisi tidak menular dan cedera, misalnya, memperluas studi tentang penuaan untuk menentukan apakah tahun-tahun tambahan kita hidup dalam kesehatan yang baik atau buruk, dan apakah medan elektromagnetik di sekitar ponsel berdampak pada kesehatan.


anggota WHO

Negara-negara pendiri organisasi kesehatan dunia adalah sebagai berikut:

  1. Amerika Serikat
  2. India
  3. Meksiko
  4. Kanada
  5. Turki
  6. Brazil
  7. Filipina
  8. Irak
  9. Fransiskus
  10. Arab Saudi
  11. Australia
  12. Bahasa inggris
  13. Peru
  14. Suriah
  15. Mesir
  16. Iran
  17. Kolumbia
  18. Polandia
  19. Venezuela
  20. Argentina
  21. Kuba
  22. Yunani
  23. Selandia Baru
  24. Belanda
  25. Ekuador
  26. Denmark
  27. Norway
  28. Kosta Rika
  29. Republik Dominika
  30. Belgium
  31. Uni Soviet
  32. Etiopia
  33. Bolivia
  34. Chili
  35. Luzemburg
  36. Libanon
  37. Honduras
  38. Haiti
  39. Panama
  40. El Salvador
  41. Guatemala
  42. Uruguay
  43. Nikaragua
  44. Paraguay
  45. Yugoslavia
  46. Liberia
  47. Republik Tiongkok
  48. Ukraina
  49. Uni Afrika Selatan
  50. Republik Sosialis Soviet Cekoslowakia
  51. Republik Sosialis Soviet Byelorusia.

Sejarah Organisasi Panas Dunia (WHO)

Konstitusi WHO menyatakan bahwa tujuan pendirian WHO “adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan setinggi mungkin”. Tugas utama WHO adalah memberantas penyakit, terutama penyakit menular yang sudah menyebar luas. Pelajaran sejarah.


WHO adalah salah satu badan asli milik Perserikatan Bangsa-Bangsa, konstitusinya pertama kali muncul pada Hari Kesehatan Dunia pertama (7 April 1948) ketika diratifikasi ( Ratifikasi ) oleh anggota ke-26 Perserikatan Bangsa-Bangsa. Jawarharlal Nehru, seorang pejuang kemerdekaan utama dari India, telah menyuarakan pendapatnya untuk memulai WHO. Kegiatan WHO, serta sisa kegiatan Organisasi Kesehatan LBB (League of Nations), diatur oleh Komisi Interim sebagaimana ditentukan pada Konferensi Kesehatan Internasional pada musim panas 1946. Perubahan dilakukan melalui UN Resolusi Majelis Umum. Layanan epidemiologi French Office International d’Hygiène Publique ditambahkan ke Komisi Interim WHO pada 1 Januari 1947.


Tujuan dan Fungsi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Sebagai organisasi internasional, WHO tentunya memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Tujuan WHO adalah untuk membaca “Pencapaian oleh semua orang dari tingkat kesehatan setinggi mungkin” (pencapaian tingkat kesehatan setinggi mungkin oleh semua orang di semua bangsa).


Untuk mencapai tujuannya, WHO memiliki fungsi yang meliputi:

  1. Bertindak sebagai otoritas yang memimpin dan mengkoordinasikan pekerjaan kesehatan
  2. Membangun dan menjaga kemitraan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, badan administrasi kesehatan pemerintah khusus, kelompok profesional, dan organisasi serupa yang dianggap perlu.
  3. Membantu Pemerintah, atas permintaan, dalam memperkuat layanan
  4. Melengkapi bantuan teknis yang tepat, dan dalam keadaan darurat bantuan yang diperlukan atas permintaan atau penerimaan dari pemerintah yang bersangkutan.
  5. Menyediakan, atau membantu menyediakan, atas permintaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, layanan dan fasilitas kesehatan untuk kelompok khusus, seperti wilayah orang
  6. Menetapkan dan memelihara sebanyak mungkin layanan teknis dan administratif, termasuk layanan epidemiologi dan statistik.

Tugas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

WHO secara aktif melakukan tugas antara lain:

  • Memiliki tugas mengatasi kesehatan dengan membantu/melaksanakan pantangan penyakit
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan
  • Mendorong dan membantu dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Prinsip Dasar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Prinsip dasar organisasi kesehatan dunia atau WHO adalah sebagai berikut:

  1. Konstitusi mendefinisikan “kesehatan”, yaitu: “kesehatan adalah keadaan sejahtera fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan semata-mata bebas dari penyakit atau kelemahan”. (keadaan fisik, mental dan sosial yang baik secara keseluruhan dan bukan semata-mata bebas dari penyakit atau kelemahan).
  2. Kegembiraan mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya merupakan salah satu hak dasar setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, ideologi, kondisi ekonomi atau
  3. Kesehatan semua orang adalah dasar untuk mencapai perdamaian dan keamanan, dan bergantung pada kerja sama penuh individu dan negara.
  4. Keberhasilan suatu negara untuk mempromosikan dan memelihara kesehatan bermanfaat bagi negara
  5. Perkembangan kesehatan anak-anak merupakan hal yang sangat penting. Kemampuan untuk hidup harmonis dalam lingkungan yang berubah dengan cepat penting dalam perkembangan tersebut
  6. Ketimpangan pembangunan di berbagai negara dalam mempromosikan kesehatan dan pengendalian penyakit, terutama penyakit menular, merupakan ancaman bagi negara
  7. Perkembangan kesehatan anak-anak merupakan hal yang sangat penting. Kemampuan untuk hidup harmonis dalam lingkungan yang berubah dengan cepat menjadi penting dalam perkembangan tersebut
  8. Semakin banyak manusia yang mendapat manfaat dari pengetahuan medis, psikologis, dan terkait yang penting untuk mencapai kesehatan penuh.
  9. Pendapat yang terinformasi dan kerja sama aktif dalam kehidupan bersama, adalah hal terpenting dalam peningkatan kesehatan manusia.
  10. Pemerintah bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat yang hanya dapat dipenuhi dengan tindakan kesehatan dan sosial yang memadai.

Bibliografi:

  • Suteng, Bambang dkk. Ktsp 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Erlangga Affandi, Idrus. Administrasi Negara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  • Y. Sri Pujiastuti, TD Haryo Tamtomo, N. Suparno. Kurikulum 2013. IPS kelas IX. Es

Demikianlah pembahasan mengenai WHO adalah – Definisi, Anggota, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Tugas dan Prinsip Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button